Kamis, 16 Desember 2010

MIND MAPPING ala STIE-MCE

      Mind Mapping atau Peta Pikiran adalah metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang berbercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang pohon. 
      Dari fakta tersebut maka disimpulkan apabila kita juga menyimpan informasi seperti cara kerja otak, maka akan semakin baik informasi tersimpan dalam otak dan hasil akhirnya tentu saja akan lebih memuaskan dan proses belajar kita akan semakin mudah. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa cara kerja peta pikiran (mind mapping) adalah menuliskan tema utama sebagai titik sentral/tengah. Itu berarti setiap kali kita mempelajari sesuatu hal maka fokus kita diarahkan pada apakah tema utamanya, poin-poin penting dari tema tersebut. Dengan cara ini maka kita bisa mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang telah kita ketahui dan area mana saja yang masih belum dikuasai dengan baik.
      Dan sekarang ini, STIE-MCE telah menggunakan mind mapping  sebagai alat pembelajaran yang ampuh. Yang mana juga mengembangkan kreatifitas Mahasiswa STIE-MCE dalam belajar dan menuangkan ide-ide yang dimiliki. Dan terbukti, sekarang ini Mahasiswa STIE-MCE lebih mudah menangkap materi-materi apa saja yang diberikan oleh dosen melalui mind mapping itu sendiri. Bahkan bisa dikatakan, STIE-MCE adalah salah satu universitas di Kota Malang yang menggunakan mind mapping sebagai metode belajar ampuh bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar