Senin, 06 Juni 2011

STATISTIK….PENTING JUGA YAH TERNYATA??!!!

          Apabila kita mendengar tentang angka dan perhitungan, pasti kita langsung teringat dengan matematika. Matematika sangat erat kaitannya dengan yang namanya angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lainnya. Bahkan ketika usia 1-2 tahun, tanpa kita sadari bahwa orang tua kita telah mengajarkan kita tentang matematika, misalnya saja cara berhitung angka 1 sampai 10 secara urut dan benar. Kemudian, ketika kita duduk di bangku sekolah dasar kita akan lebih rinci lagi untuk mempelajari matematika berikut cara perhitungan dan istilah-istilah dalam matematika, sepeti misalnya istilah “statistik”.
Di dalam pelajaran matematika kita pasti mendengar sesuatu yang di sebut dengan statistika. Percaya atau tidak statistika memiliki kesinambungan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya ketika kita ingin memilih sesuatu yang pas dengan kemauan kita, kita perlu mempunyai sampel untuk kita bandingkan. Sampel sampel tersebut kita simpan dalam satu kesatuan yang disebut dengan Ruang Sampel.
Statistika berperan dalam setiap kegiatan kehidupan. Sebagai contoh, dalam ilmu ekonomi statistik merupakan peralatan analisa pendapatan dan pengeluaran penduduk atau masyarakat. Dalam ilmu kedokteran untuk peralatan analisa penyakit. Dan dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan data-data statistik, seperti perhitungan caleg yang dapat kita lihat di TV atau di Koran, bursa efek saham, kurs rupiah dan banyak lagi. Jadi dalam kehidupan sehari-hari statistik memiliki peran dan fungsi masing-masing sesuai bidangnya.
Tanpa menyadarinya, setiap kita melakukan sesuatu pasti kita telah menggunakan konsep statistika. Misalkan saja yang erat dan sering kita jumpai yaitu ketika kita menyukai seseorang, kita perlu mengetahui asal usul orang tersebut dengan cara menanyakan kepada teman-temanya namanya siapa, rumahnya dimana, dll. Pertanyaan-pertanyaan itu sama saja cara untuk mengumpulkan sampel dalam matematika. Setelah mengumpulkan sampel-nya, kita baru bisa menentukan nilai tengah yang dapat kita pilih. Bener kan??? Memang saya bukan ahli dalam matematika maupun statistik, namun saya sedikit demi sedikit mulai merasakan semua itu ada hubungannya dengan pelajaran metematika dan statistik yang ada sekarang ini dan pernah saya pelajari selama ini. So, statistics and mathematics is apart of our live…… :) :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar