Selasa, 21 Juni 2011

Expert System => PROSES PENGENDALIAN DAN KARAKTERISASI BERBASIS IT

       Seorang ahli bernama Harris Semiconductor pernah berkomitmen untuk melakukan pengembangan tentang sistem pakar teknologi yang menggunakan penggabungan konsep riil waktu, proses pembaruan karakterisasi, dan tuning sistem otomatis. Dan beliau menargetkan bahwa nantinya sistem pakar ini akan dapat memonitor, mengkarakter, serta mengontrol hasil produksi secara optimal. Ia juga menggunakan berbagai sistem lainnya untuk mengontrol validitas data guna membentuk proses karakterisasi. Dan target utama dari sistem pakar ini adalah  kemampuan untuk mendeteksi secara otomatis (mengontrol otomatis) keluar dan masuknya input data dengan terus meningkatkan proses variasi produk.
Dan untuk menjadi produsen kelas dunia, sangat penting untuk  suatu perusahaan menciptakan sistem pakar yang bisa mengelola kurangnya standarisasi dan kekacauan yang mungkin saja terjadi dalam perusahaan. Dan di sini, telah diciptakan sebuah alat yang diberi nama “cip” (wafer elektronik). Pada setiap cip mempunyai nomor seri yang berbeda-beda, sehingga tidak sembarang orang bisa mengotak-atik data-data yang ada di dalamnya. Cip merupakan suatu sistem yang bisa digunakan di dalam komputer di suatu perusahaan, sehingga komputer itu dapat mendeteksi data apapun secara otomatis.
Sistem pakar ini menggunakan database sebagai percobaan sistem barunya, karena dengan database maka data statistik yang di input oleh perusahaan akan tersimpan secara otomatis dengan akurat dan efisien, bahkan tingkat validitas datanyapun bisa dijamin keakuratan dan kebenarannya. Karena dengan menggunakan database, maka data statistik yang telah diinput sebelumnya dapat dipastikan kevaliditasannya dan dapat dipertanggungjawabkan keberadaan data-data perusahaan kepada client. Mengapa bisa demikian??? Karena sistem pakar teknologi ini dapat memberikan peringatan apabila data yang diinput itu salah. Jadi, apabila suatu perusahaan menggunakan sistem pakar ini sebagai pengendali dan karakterisasinya, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan modern yang mengikuti perkembangan IT.  Dan pada umumnya, perusahaan-perusahaan berbasis IT tingkat kevaliditasan datanya dapat diakui.

                                                                                                  
             
Gambar 1. Contoh cip yang nantinya diletakkan di dalam komputer sebagai pengendali dan karakterisasi otomatis pada data

Kelebihan yang bisa diperoleh apabila suatu perusahaan telah menggunkan sistem ini yaitu pihak intern (karyawan, manajer, direktur perusahaan, dewan direksi, dan pemilik perusahaan) maupun ekstern (client) perusahaan akan merasa lebih mudah untuk mengetahui dan mencari tahu mengenai data-data perusahaan tanpa adanya rekayasa dari pihak-pihak tertentu.  Selain itu, pihak intern maupun ekstern perusahaan tidak perlu khawatir apabila data-data yang sudah diinput mengalami kesalahan karena hasil rekayasa, karena aplikasi database ini akan memberikan semacam peringatan otomatis apabila data yang diinput adalah data yang salah.
Dan dapat dikatakan bahwa suatu perusahan yang telah menggunakan sistem pakar teknologi sebagai alat kontrol dan pengendali, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut merupakaan perusahaan modern yang berbasis IT.

1 komentar:

  1. terimakasih atas tulisan yang menarik, mohon izin untuk memakainya pada makalah kampus saya.

    Paper saya dapat dilihat di
    http://jodikala.blogstudent.mb.ipb.ac.id/?p=28

    BalasHapus